Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Hari ini 17 Maret Adalah Hari Perawat Nasional, Bagaimana Sejarahnya?

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Profesi yang identik dengan pakaian serba putih ini memiliki peran penting dalam dunia kesehatan, terutama di saat pandemi seperti sekarang. Sehingga tidak mengherankan jika perawat sering disebut sebagai malaikat tak bersayap karena tugasnya yang begitu mulia.
Namun apakah anda tahu bagaimana sejarahnya hingga hari perawat nasional ditetapkan pada hari ini?
Penetapan Hari Perawat merupakan hari lahir terbentuknya organisasi profesi perawat yaitu PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia). Di mana PPNI terbentuk pada tanggal 17 Maret 1974. Meski demikian, organisasi perawat di Indonesia sudah berkembang pesat sesuai dengan jamannya.
rscm tahun 1928 160106181230 711
Sejak zaman penjajahan Belanda, perawat Indonesia juga sudah bersamaan dengan adanya rumah sakit, yaitu Residen Vpabst (1819) di Batavia saat itu berubah menjadi Stadsverband (1919) dan berubah menjadi CBZ (Central Burgerlijke Zieken Inrichting). Lokasinya di daerah Salemba yang saat ini menjadi RSCM.
Saat itu perawat sudah memiliki perkumpulan-perkumpulan sebagai wadah organisasi perawat dan dapat menjalankan pergerakan dalam menentukan martabat profesi perawat. Ketika itu terdapat beberapa organisasi di antaranya Perkumpulan Kaum Verplegerfster Indonesia (PKVI), Persatuan Djuru Kesehatan Indonesia (PDKI). Ada pula Persatuan Perawat Indonesia (PPI), Ikatan Perawat Indonesia (IPI).
Organisasi-organisasi perawat tersebut saat itu mengadakan pertemuan dimana dihadiri oleh IPI, PPI dan PDKI. dihadiri juga oleh Ojo Radiat, HB. Barnas dan Drs. Maskoed Soerjasumantri sebagai pimpinan sidang. Mereka bersepakat untuk melakukan fusi organisasi dan menyatukan diri dal dalam satu wadah organisasi yang saat itu masih bernama Persatuan Perawat Nasional.
Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) berkomitmen untuk memberikan perlindungan bagi masyarakat dan profesi keperawatan dengan menyusun RUU keperawatan. RUU tersebut terus diperjuangkan untuk disyahkan menjadi undang-undang. Penggabungan atau fusi organisasi perawat tersebut dilakukan di Ruang Demonstration Jalan Prof. Eykman Nomor 34 Bandung Jawa Barat. Sejak itu tanggal 17 Maret 1974 disetujui dan dilakukan pernyataan bersama terbentuknya Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).
e08b0751 8d42 4875 b6a0 2871ce41d340 169 1
Begitulah sejarah ditetapkannya Hari Perawat Nasional setiap tanggal 17 Maret! Profesi yang saat ini sangat dibutuhkan dalam memberantas pandemic Covid-19.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Donald Trump Nyaris Dibunuh Lagi, Pelaku Langsung Ditangkap

Mantan Presiden AS sekaligus kandidat Pilpres 2024 Donald Trump kembali nyaris menjadi korban penembakan.

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru