Sabtu, 22 Juni 2024
BerandaNewsInternasionalKini Giliran Jerman, Italia, dan Prancis Tunda Vaksin AstraZeneca

Kini Giliran Jerman, Italia, dan Prancis Tunda Vaksin AstraZeneca

Jakarta, Holopis.com – Laporan efek samping vaksin AstraZeneca mengenai pembekuan darah pasca vaksinasi Covid19 ini membuat banyak negara akhirnya menunda masyarakatnya untuk mendapatkan vaksin AstraZeneca.
Kali ini Jerman, Italia, dan Prancis memutuskan untuk menangguhkan sementara penggunaan vaksin Covid-19 AstraZeneca. Ini setelah beberapa laporan yang berkembang mengenai efek samping vaksin itu.
Dikutip Reuters, keputusan tiga negara besar Eropa itu diambil setelah laporan pembekuan darah pasca vaksinasi di beberapa negara. Mereka berdalih, setiap laporan seharusnya ditindaklanjuti dan selama proses pemeriksaan, vaksin harus ditangguhkan.
“Ini adalah keputusan profesional, bukan politik,” kata Menteri Kesehatan Jerman Jens Spahn, seraya menambahkan bahwa dia mengikuti rekomendasi dari Institut Paul Ehrlich, regulator vaksin Jerman, Senin (15/3/2021).
Sementara itu, Prancis mengatakan pihaknya menangguhkan penggunaan vaksin sambil menunggu penilaian oleh Otoritas Medis Eropa (EMA). Namun jika EMA memberi lampu hijau, vaksinasi akan segera dilakukan.
“Keputusan yang diambil, sesuai juga dengan kebijakan Eropa kami, adalah untuk menangguhkan. Karena ini tindakan pencegahan,” kata Presiden Prancis Emmanuel Macron.
Italia pun berkomentar senada dengan Prancis. Negara itu menekankan keputusan ini sebagai  tindakan pencegahan dan sementara.
“EMA akan segera bertemu untuk mengklarifikasi segala keraguan sehingga vaksin AstraZeneca dapat dilanjutkan dengan aman dalam kampanye vaksinasi sesegera mungkin,” kata Gianni Rezza, Direktur Jenderal Pencegahan di Kementerian Kesehatan Italia.(tri)

Temukan kami juga di Google News
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono
BERITA LAINNYA

Akhirnya Amerika Serikat Kecewa dengan Israel Karena Ini…

Setelah lama menjadi sekutu yang saling mendukung satu sama lain dengan sangat setia, Amerika Serikat akhirnya mengaku bahwa mereka kecewa dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu.

Mengenal Glaukoma, Penyakit yang Bisa Bikin Buta

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komedian Adul sempat membuat kehebohan setelah sebuah gossip menyebutkan bahwa ia mengalami kebutaan. Klaim kebutaan itu terjadi disebutkan karena penyakit glaukoma...

Gelar Lomba Debat Terbuka, Myrna : IKN Milik Masyarakat

Untuk itu, dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup sedunia yang jatuh pada 5 Juni lalu, Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam (LHSDA) Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) melaksanakan lomba debat terbuka.

Kim Jong Un dan Putin Sepakat Musuhi Amerika Serikat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Presiden Rusia, Vladimir Putin sampai dengan selamat di Korea Utara dan langsung disambut oleh Pemimpin Korut, Kim Jong Un. Kunjungan Putin...

Keju Gak Cuman Lezat, Tapi Juga Bikin Sehat!

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagian besar orang di dunia ini suka mengonsumsi keju, bahkan di sebagian belahan dunia keju jadi salah satu makanan pokok setiap...

Elaelo Muncul, Menkominfo Bantah Kerjaan Pemerintah

Sebuah aplikasi web bernama Elaelo.id yang digosipkan akan menjadi pengganti Twitter/X menjadi perbincangan banyak kalangan. Apalagi disebut-sebut bahwa web apps tersebut adalah karya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

HOLOPIS FEEDS