Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Badiklat Kejaksaan Gelar Kompetensi Kepemimpinan

JAKARTA, HOLOPIS. COM- Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat)  Kejaksaan Gelar Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Gelombang I/ 2021 bagi Pejabat Struktural Eselon IV di lingkungan Kejaksaan Agung. 
Tujuan pelatihan, yang dilakukan secara Daring adalah membentuk kepemimpinan operasional pada Pejabat Struktural Eselon IV dan mengasah profesionalisme.
“Kompetensi yang dibangun pada Pelatihan Kepemimpinan Pengawas adalah kompetensi kepemimpinan operasional, ” kata Kepala Badiklat Kejaksaan Tony T.  Spontana saat membuka pelatihan,  di Jakarta,  Senin (15/3).
Kompetensi kepemimpinan dimaksud,  yakni  kemampuan membuat perencanaan kegiatan instansi dan memimpin keberhasilan implementasi pelaksanaan kegiatan tersebut, yang diindikasikan dengan kemampuan.
“Dalam hal ini,  membangun karakter dan sikap perilaku integritas sesuai dengan peraturan perundang-undangan. ”
Selain itu,  tambah Tony kemampuan untuk menjunjung tinggi etika publik, taat pada nilai-nilai, norma, moralitas dan bertanggung jawab dalam memimpin unit instansinya.
Hal lain,  membuat perencanaan pelaksanaan kegiatan instansi dan  kolaborasi secara internal dan eksternal dalam mengelola tugas-tugas organisasi kearah efektifitas dan efisiensi.
Menurut Tony,  semua kemampuan itu perlu terus diasah,  dengan berbagai pelatihan sehingga terbangun sikap profesionalisme.
“Pada akhirnya,   pelaksanaan tugas dapat berjalan secara efisien, efektif dan berkualitas untuk mewujudkan visi dan misi Kejaksaan. ”
Pelaksanaan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Gelombang I / 2021, di Badan Diklat Kejaksaan telah menerapkan kurikulum baru.
Kurikulum ini mengacu pada Peraturan Kepala LAN Nomor 20/ 2015 tentang Penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV.
Materi pembelajaran,   dirancang untuk meningkatkan kemampuan leadership birokrasi di sektor publik, cara pembelajarannya berbasis pada pengalaman.
Serta,  pembelajarannya yang bersifat on-off campus dan melibatkan atasan langsung peserta yang bertindak sebagai mentor.
Mentor dalam pelatihan sangat berperan sebagai pembimbing peserta, menyetujui dan menguji rancangan proyek perubahan serta menguji implementasi proyek perubahan dalam seminar laboratorium.
Dengan demikian posisi mentor sangat menentukan keberhasilan peserta dalam menyelesaikan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV,  di Badan Diklat Kejaksaan
Pembekalan untuk meningkatkan kualitas dan pengetahuan akan diterima melalui kuliah, diskusi, pelatihan, simulasi, studi lapangan, seminar serta ceramah dari Pimpinan Kejaksaan dan Para Widyaiswara / tenaga pengajar.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Santri Habib Rizieq Disiram Air Panas Seniornya Sendiri, Kasus Ditangani Polres Bogor

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Juru bicara Habib Rizieq Shihab, Aziz...

Polres Jaksel Benarkan Nikita Mirzani Jemput Loly untuk Visum

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pasca melaporkan Vadel Badjideh ke Polres Metro Jakarta...

Jerry Massie Sarankan Budi Arie Mundur, Tak Becus Urus Serangan Siber dan Judol

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur eksekutif Political and Public Policy...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru