Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Siaran Langsung Rangkaian Acara Pernikahan Aurel dan Atta Dapat Penolakan Dari KNRP

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Mulai dari acara lamaran hingga pernikahan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah, rencananya akan disiarkan langsung disalah satu TV swasta. Rencananya tersebut mendapatkan penolakam, dari Koalisi Nasional Reformasi Penyiaran (KNRP).
Menurut KNRP, menilai Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) tidak tegas menanggapi rencana tersebut. Padahal, agenda pernikahan tersebut tidak masuk ke dalam definisi kepentingan publik dalam ruang penyiaran di Indonesia.
Menurut Lestari Nurhajati perwakilan dari KNRP, Rangkaian acara pernikahan Atta dan Aurel, tidak mewakili kepentingan publik secara luas dengan semena-mena menggunakan frekuensi milik publik.
“Koalisi menyesalkan sikap KPI Pusat yang tidak segera menghentikan kegiatan tersebut, dengan menunggu secara pasif tayangan itu hadir dan baru akan memberikan penilaian. Padahal jelas-jelas isi siaran melanggar hak-hak masyarakat untuk mendapatkan tayangan yang lebih berkualitas,” ujarnya, dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/3).
Harusnya KPI Pusat, bisa langsung bertindak sesuai aturan yang berlaku. Salah satunya Pasal 11 yang di dalam Pedoman Perilaku Penyiaran yang menyebutkan, Lembaga Penyiaran wajib memperhatikan kemanfaatan dan perlindungan untuk kepentingan publik.
Ada juga aturan Standar Program Siaran, khususnya di Pasal 13 Ayat 2, yang menyatakan Program siaran tentang permasalahan kehidupan pribadi tidak boleh menjadi materi yang ditampilkan dan/atau disajikan dalam seluruh isi mata acara, kecuali demi kepentingan publik.
“Bukankah seharusnya KPI yang mewakili kepentingan masyarakat tidak perlu menunggu aduan resmi publik apabila secara nyata dan jelas-jelas melihat pelanggaran frekuensi publik di depan mata?” kata dia.
Apalagi ditengan kondisi pandemi seperti saat ini, banyak warga negara kesulitan ekonomi, media penyiaran tidak pantas menayangkan acara selebriti yang menghamburkan uang. “Lebih tidak pantas lagi, dan mengecewakan publik bila KPI tidak menghentikan acara ini. Publik makin kehilangan keterwakilannya di lembaga ini.” tambah Lestari.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

ISpeedShow Puji Lucinta Luna Cantik, Netizen : Jangan Gegabah Speed

Lucinta Luna ternyata turut heboh saat streamer Speed atau IShowSpeed mengunjungi beberapa negara di Asia Tenggara.

Kisah Cinta Charlie Puth, Hingga Nikahi Teman Masa Kecil

Penyanyi populer Charlie Puth mematahkan hati banyak penggemarnya ketika ia menikahi sang kekasih, Brooke Sansone.

Yovie & Nuno Ajak Duet Kadishub DKJ dan Bos Transjakarta : Janji Suci

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sebagai kelompok musisi, Yovie & Nuno...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru