Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Aplikasi Viral MyHeritage yang Bikin Penggunanya Terharu

Jakarta, Holopis.com – Belakangan ini aplikasi MyHeritage menjadi perbincangan di media sosial dan menjadi viral, karena aplikasi ini bisa membuat sebuah foto menjadi seolah hidup dan bergerak.
Banyak dari netizen yang mencoba aplikasi ini dan membagikan momen haru mereka, karena kebanyakan dari mereka mencoba pada foto orang terkasih yang sudah tiada.
Ini dia salah satu foto yang bergerak karena bantuan aplikasi MyHeritage, dan diposting di TikTok.


Nah kan, keren banget, kok bisa ya jadi apa sih MyHeritage itu?
MyHeritage merupakan aplikasi yang dapat mengedit foto diam menjadi gambar bergerak, seolah-olah foto hidup. Selain itu, objek tiga dimensi seperti patung, boneka dan benda lainnya bisa dibuat bergerak.
Melalui sebuah fitur Deep Nostalgia yang dirilis MyHeritage pada 25 Februari 2021, semua objek bisa diedit sedemikian rupa agar terlihat hidup. Dilansir BBC, Deep Nostalgia dibuat menggunakan teknik kecerdasan buatan atau artificail intelegence (AI) untuk membuat foto bisa tampak bergerak.
Kecerdasan buatan (AI) memungkinkan mesin untuk belajar dari pengalaman, menyesuaikan input-input baru dan melaksanakan tugas seperti manusia. Sebagian besar contoh AI yang Anda dengar mulai dari komputer yang bermain catur hingga mobil yang mengendarai sendiri, sangat mengandalkan pembelajaran mendalam dan pemrosesan bahasa alamiah. Dengan menggunakan teknologi ini, komputer dapat dilatih untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu dengan memproses sejumlah besar data dan mengenali pola dalam data termasuk di aplikasi MyHeritage ini.
ezgif.com gif maker 11
Dokumen AI dari Myheritage.

Banyak pengguna MyHeritage menggunakan aplikasi ini untuk menghidupkan sebuah foto lama, banyak yang terharu tapi banyak juga yang jadi takut. Karena kecanggihan teknologi AI ini kontroversial di tengah maraknya video deepfake yang kerap disalahgunakan untuk tindakan kejahatan seperti penipuan dan pemalsuan data.
Deepfake sendiri adalah AI digunakan untuk membuat animasi hiper realistis dari orang sungguhan yang seringkali sulit dibedakan dari rekaman asli.
Aplikasi My Heritage versi Android telah diunduh sebanyak 10 juta lebih pengguna dan berhasil mendapat rating 2.9. MyHeritage dibuat oleh perusahaan MyHeritage, yang membuat situs dan software tentang genealogi (garis keturunan). Pengguna aplikasi MyHeritage bisa mebuat pohon silsilah keluarga, menggunggah dan mencari mereka melalui sebuah foto.

Fitur yang sedang ramai adalah Deep Nostalgia, yang membuat foto statis yang bisa bergerak. “Anda akan mendapatkan momen yang “wow” ketika memandang foto keluarga berharga Anda menjadi hidup dengan fitur “Deep Nostalgia”,” kata Gilad Japhet, pendiri dan CEO MyHeritage.


Dalam keterangan resminya, MyHeritage bekerja sama dengan D-ID, sebuah perusahaan yang khusus membuat peraga video menggunakan teknik AI yang disebut “deep learning”. MyHeritage bisa membuat foto statis yang diunggah menjadi foto bergerak dengan memanfaatkan cetak biru dari video-video prarekam atau yang mereka sebut sebagai “drivers”, gerakan animasi disesuaikan orientasi wajah dalam gambar.
Sehingga, pengguna akan mendapatkan hasil yang berbeda untuk foto mereka, tergantung sudut foto dan aksesori di wajah obyek. Gerakan yang dihasilkan terdiri dari gestur manusia asli, seperti tersenyum, berkedip, mengangguk, atau menolehkan kepala. (tri)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Roy Minta Kepala BSSN dan Budi Arie Dicopot Usai Data Ditjen Pajak Jebol

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pakar telematika, Roy Suryo merasa geram...

Kisah Cinta Charlie Puth, Hingga Nikahi Teman Masa Kecil

Penyanyi populer Charlie Puth mematahkan hati banyak penggemarnya ketika ia menikahi sang kekasih, Brooke Sansone.

Dompet Dhuafa dan Titimangsa Gelar Teater Musikal untuk Palestina Bertajuk Tanah Yang Terpenjara

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Gencar menyuarakan kemanusiaan bagi Palestina, Dompet...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru